jam

Sabtu, 25 April 2009

PENDIDIKAN TINGGI: Guru Besar Harus Majukan Pendidikan

07-04-2009
MEDAN (Ant/Lampost): Rektor Universitas Sumatera Utara USU) Prof. Chairuddin P. Lubis mengatakan gelar guru besar merupakan jenjang fungsional tertinggi pada perguruan tinggi.

"Dengan menyandang status sebagai guru besar yang juga merupakan gelar kepercayaan yang diberikan pemerintah, para dosen tersebut juga akan memiliki tanggung jawab yang cukup besar pada kemajuan dunia pendidikan di Indonesia, terutama di universitasnya masing-masing," kata Chairuddin di Medan, kemarin.

Dia mengatakan guru besar juga dituntut harus bisa mentransfer ilmunya kepada anak didiknya dengan baik dan harus mampu mengenal anak didiknya. Selain itu, guru besar juga dituntut untuk mampu meningkatkan ilmunya, agar peserta didik selalu mendapat ilmu yang terbaru.

Di samping itu, kata Chairuddin, seorang guru besar harus berani untuk tetap berkarya di bidang ilmiah, mampu mengamati perubahan yang terjadi di bidang ilmu, dan melakukan analisis serta penelitian untuk memberikan buah pikirannya.

"Yang menjadi persoalan dan sangat mengkhawatirkan adalah apabila seorang guru besar hanya diam terpaku, tidak mengajar, sehingga ilmu yang diperolehnya selama ini hanya menjadi sia-sia saja," kata dia.

Menurut Chairuddin, perkembangan ilmu dari tahun ke tahun terus berkembang pesat mengikuti perkembangan zaman yang semakin canggih. Bila kalangan pendidik terutama guru besar tidak mengikuti perkembangan dan kemajuan ilmu tersebut, maka ilmu yang saat ini dimiliki kalangan pendidik boleh jadi akan menjadi kedaluwarsa.

"Oleh karena itu diharapkan kepada semua tenaga pendidik terutama yang bergelar guru besar untuk terus berkarya dengan menerbitkan buku-buku ilmiah dan tetap melaksanakan penelitian," ujar Chairuddin.

Sebelumnya, Humas USU, Bisru Hafi, mengatakan dewasa ini USU telah memiliki sebanyak 2.500 tenaga pengajar dan 85 persen di antaranya sudah memenuhi kualifikasi mengajar S-2 dan S-3. "USU telah menargetkan pada 2010 seluruh tenaga pengajar minimal memiliki jenjang pendidikan S-2. Hal itu dimaksudkan guna lebih meningkatkan kualitas akademik di USU, serta menyiapkan diri untuk menjadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar