jam

Rabu, 29 April 2009

2009, Indonesia Butuh 40 Ribu Guru

Medan ( Berita ) : Kabar gembira bagi calon-calon guru. Tahun 2009 mendatang, pemerintah akan mengambil kebijakan dengan menerima sebanyak 40 ribu guru se Indonesia, baik dari lulusan pendidikan maupun non pendidikan.
“Kebijakan ini ditempuh pemerintah sebagai upaya peningkatan kualitas pendidik di Sekolah Menegah Kejuruan (SMK),” ujar Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan Sumut Drs Delta Pasaribu MPd pada penutupan LKS se – Sumut di Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sumut, kemarin.
Dengan adanya kebijakan ini lanjut Delta, tahun depan sarjana teknik yangsangat diperlukan di SMK bisa di terima sebagai guru SMK. Sehingga ke depannya diharapkan kualitas lulusan SMK akan merata.
Delta mengakui, saat ini kemajuan dan kualitas pendidikan SMK yang ada di Sumut masih belum merata di setiap daerah. Salah satu buktinya masih banyak kabupaten/kota yang tidak memenangkan satu juara pun dalam lomba keterampilan siswa (LKS) se – Sumut yang digelar sejak 1-5 Desember 2008.
Menurut Delta, dari 25 jenis perlombaan yang ada di LKS se-Sumut tersebut, ada beberapa kabupaten/kota yang tidak memenangkan satu jenis kompetisi sama sekali. Ini membuktikan bahwa, kualitas SMK yang ada di Sumut belum merata secara keseluruhan. Seperti kabupaten Langkat dan Samosir, siswa yang mewakili kedua Kabupaten ini tidak ada yang juara.
Dengan kondisi seperti itu, menurut Delta maka diperlukan adanya perhatian khusus untuk Kabupaten/Kota yang kualitas SMK-nya masih minim, sehingga penyebaran kualitas yang merata dapat dicapai.
“Hal itu sesuai dengan intruksi pemerintah pusat, setiap Disdik harus lebih memperhatikan peningkatan kualitas dan kuantitas SMK dibanding SMA,” ujar Delta.
Dijelaskannya, pemerataan kualitas SMK di Sumut tersebut dilakukan dengan membangun fasilitas SMK yang merata di setiap daerah yang ada, khususnya penyediaan alat-alat laboratorium yang lengkap, serta melatih gurudalam pengunaan alat-alat tersebut. “Untuk meningkatkan kualitas SMK, berbeda dengan SMA. Untuk SMK, pembagunan laboratorium yang lengkap dan memadai itu yang utama,” terangnya.
Sementara itu, Kasubdis SMK Disdik Sumut, Erni Mulatsih menyatakan, setiap siswa yang mendapatkan juara satu dalam LKS tersebut, akan mewakili Sumut dalam kompetisi LKS tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada 12 - 17 Mei 2009 mendatang. Dijelaskan Erni, peserta LKS tersebut yang banyak memenangkan kompetisi adalah siswa perwakilan Kota Medan, Deli Serdang dan Tebing tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar