jam

Senin, 16 Maret 2009

PELAJARAN KOMPUTER UNTUK SISWA TUNANETRA

PELAJARAN KOMPUTER UNTUK SISWA SLBA PTN JAKARTA

Di era globalisasi peran Teknologi informasi dan komunikasi (ICT)
sangat lah dominan. Sehingga semua kebutuhan manusia tak bisa lepas dari peran
teknologi tersebut. Sebagai contoh dunia perdagangan telah lebih dahulu
memanfaatkan teknologi dengan sebutan e-commerce, di dunia komunikasi dengan
e-mail dan lain sebagainya. Dengan demikian tantangan hidup bagi SDM
semakin dituntut untuk mengikuti perkembangan Teknologi.

Adalah dunia pendidikan untuk Tunanetra yang selama ini
dikenal dengan Sekolah Luar Biasa. Apakah mungkin pada siswa siswa yang memiliki
hambatan penglihatan dari low Vision (lemah penglihatan) sampai yang buta total
(totally blind) dapat mengakses perkembangan teknolgi tersebut?


Anak Di SLB A Pembina Tingkat Nasional Jakarta, memberikan
pelajaran Komputer kepada siswa-siswa semenjak dari jenjang SD sampai SMA.
Pelajaran tersebut masuk dalam pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (
TIK ). Walaupun dalam kurikulum nasional tidak disebutkan sebagai pelajaran inti,
namun Pelajaran Komputer ( TIK ) dimasukkan sebagai materi pengembangan diri.

Pelajaran Komputer bagi siswa tunanetra dimulai dari
jenjang SD dimaksudkan untuk memberi bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada
siswa, dimana apabila siswa akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih
tinggi terutama di sekolah-sekolah reguler (inklusif) maka siswa tunanetra
tidak mengalami hambatan yang berarti. Dengan telah mengenal dan memiliki
ketrampilan mengoperasikan komputer maka diharapkan dapat mengikuti pelajaran
TIK yang telah menjadi pelajaran wajib di jenjang sekolah menengah. Di samping
itu siswa dapat memanfaatkan ketrampilannya untuk mengerjakan tugas-tugas dan
mengorganisir file-file personalnya untuk membantu kepentingannya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar