jam

Kamis, 12 Maret 2009

Bekerja Sama antar Program Pendidikan Dasar

Beberapa program yang bekerja di sektor pendidikan dasar telah berkumpul di Bali pada bulan Februari 2006. Lokakarya yang dipimpin Direktorat Pendidikan TK / SD bertujuan mengoordinasikan kegiatan program tersebut, supaya saling mendukung. Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Bpk Suyanto (gambar 1) bersama Bpk Husaini Wardi dari Direktorat TK/SD ikut hadir bersama Direktur Pendidikan TK/SD Bpk Mujito.

Lokakarya ini disponsori MBE dan CLCC. Beberapa peserta lokakarya difoto (gambar 2). Sebelum Lokakarya dimulai, MBE, CLCC (UNESCO-UNICEF), IAPBE (AusAID) dan DBE (USAID) telah berkumpul di tempat yang sama untuk menyusun paket pelatihan ke-4 untuk sekolah dan masyarakat.

Isi paket tersebut termasuk reviu rencana pengembangan sekolah agar lebih operasional, dan pengembangan peran KKG dan MGMP untuk menunjang pengembangan profesional guru.

Telling Our Story (TOS)

Mrs. Virginia Foley yang didampingi Jill Gulliksen, Lynne Hill, Abdurrahman As'ari, dan Furaida berkunjung ke Kota Batu dalam rangka berdialog dengan Ibu Mistin, Kepala Dinas Pendidikan, untuk mencari informasi tentang program MBE yang telah dilakukan di kota Batu yang akan dimuat dalam situs TOS.

Dalam kunjungannya, beliau menyempatkan diri melihat secara langsung pelatihan guru, serta berkunjung ke MI Bustanul Ulum.

Kab. Mimika Tertarik MBE

Timika (28/1/2006) -- Program Pengelolaan Pendidikan Dasar atau MBE (Managing Basic Education) - USAID menghadiri undangan Lokakarya Pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Mimika, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Amungme & Komoro (LPMAK) dan PT. Freeport Indonesia (PTFI). MBE tim terdiri dari unsur perwakilan pemerintah daerah binaan di Propinsi Jawa Tengah (Pati, Blitar, Kebumen, dan Banyumas) dan Jawa Timur (Probolinggo, Batu, Pacitan, dan Madiun), turut serta dalam tim MBE, Koordinator Propinsi Jawa Timur dan Konsultan Jakarta.

Undangan Lokakarya Pendidikan ini bertujuan untuk :

1). Bersama-sama (MBE & pihak-pihak yang peduli pendidikan Kab. Mimika) melihat langsung pelaksanaan pendidikan dan mencari alternatif permasalahan yang terjadi;

2). Memberikan rekomendasi kepada pemerintah daerah yang dihasilkan secara partisipatif dengan melibatkan berbagai unsur dari Dinas Pendidikan & Pengajaran, PTFI dan Yayasan-yayasan yang peduli pendidikan dan peserta dari MBE.

Dalam sambutannya Bupati Mimika (yang diwakili oleh Sekda Kab. Mimika, Drs. Wilhemus Haurissa - foto kanan) berharap bahwa kegiatan yang akan dirancang hari ini hanya merupakan langkah awal dari langkah yang lebih jauh lagi, yaitu meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten agar pendidikan di Kabupaten Mimika setara dengan daerah lain di Indonesia.

Pada akhir lokakarya, atas nama Bupati Kab. Mimika, Sekda memberikan Surat Minat (Letter of Interest) untuk bekerja sama dalam mengelola dan meningkatkan mutu pendidikan dasar di Kab. Mimika kepada MBE.


sumber: http://mbeproject.net/mbe122.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar